Pengembangan Teknologi 9

Senin, 14 Juni 2010 05.23 Diposkan oleh FERRY BLOG

Sejarah

Media blog pertama kali dipopulerkan oleh Blogger.com, yang dimiliki oleh PyraLab sebelum akhirnya PyraLab diakuisi oleh Google.Com pada akhir tahun 2002 yang lalu. Semenjak itu, banyak terdapat aplikasi-aplikasi yang bersifat sumber terbuka yang diperuntukkan kepada perkembangan para penulis blog tersebut.

Blog mempunyai fungsi yang sangat beragam,dari sebuah catatan harian, media publikasi dalam sebuah kampanye politik, sampai dengan program-program media dan perusahaan-perusahaan. Sebagian blog dipelihara oleh seorang penulis tunggal, sementara sebagian lainnya oleh beberapa penulis, . Banyak juga weblog yang memiliki fasilitas interaksi dengan para pengunjungnya, seperti menggunakan buku tamu dan kolom komentar yang dapat memperkenankan para pengunjungnya untuk meninggalkan komentar atas isi dari tulisan yang dipublikasikan, namun demikian ada juga yang yang sebaliknya atau yang bersifat non-interaktif.

Situs-situs web yang saling berkaitan berkat weblog, atau secara total merupakan kumpulan weblog sering disebut sebagai blogosphere. Bilamana sebuah kumpulan gelombang aktivitas, informasi dan opini yang sangat besar berulang kali muncul untuk beberapa subyek atau sangat kontroversial terjadi dalam blogosphere, maka hal itu sering disebut sebagai blogstorm atau badai blog.

Komunitas Blogger

Komunitas blogger adalah sebuah ikatan yang terbentuk dari [para blogger] berdasarkan kesamaan-kesamaan tertentu, seperti kesamaan asal daerah, kesamaan kampus, kesamaan hobi, dan sebagainya. Para blogger yang tergabung dalam komunitas-komunitas blogger tersebut biasanya sering mengadakan kegiatan-kegiatan bersama-sama seperti kopi darat.

Untuk bisa bergabung di komunitas blogger, biasanya ada semacam syarat atau aturan yang Jenis-jenis blog

  • Blog politik: Tentang berita, politik, aktivis, dan semua persoalan berbasis blog (Seperti kampanye).
  • Blog pribadi: Disebut juga buku harian online yang berisikan tentang pengalaman keseharian seseorang, keluhan, puisi atau syair, gagasan jahat, dan perbincangan teman.
  • Blog bertopik: Blog yang membahas tentang sesuatu, dan fokus pada bahasan tertentu.
  • Blog kesehatan: Lebih spesifik tentang kesehatan. Blog kesehatan kebanyakan berisi tentang keluhan pasien, berita kesehatan terbaru, keterangan-ketarangan tentang kesehatan, dll.
  • Blog sastra: Lebih dikenal sebagai litblog (Literary blog).
  • Blog perjalanan: Fokus pada bahasan cerita perjalanan yang menceritakan keterangan-keterangan tentang perjalanan/traveling.
  • Blog riset: Persoalan tentang akademis seperti berita riset terbaru.
  • Blog hukum: Persoalan tentang hukum atau urusan hukum; disebut juga dengan blawgs (Blog Laws).
  • Blog media: Berfokus pada bahasan kebohongan atau ketidakkonsistensi media massa; biasanya hanya untuk koran atau jaringan televisi
  • Blog agama: Membahas tentang agama
  • Blog pendidikan: Biasanya ditulis oleh pelajar atau guru.
  • Blog kebersamaan: Topik lebih spesifik ditulis oleh kelompok tertentu.
  • Blog petunjuk (directory): Berisi ratusan link halaman website.
  • Blog bisnis: Digunakan oleh pegawai atau wirausahawan untuk kegiatan promosi bisnis mereka
  • Blog pengejawantahan: Fokus tentang objek diluar manusia; seperti anjing
  • Blog pengganggu (spam): Digunakan untuk promosi bisnis affiliate; juga dikenal sebagai splogs (Spam Blog)

Budaya populer

ada lebih 10 juta blog yang bisa ditemukan di Internet.[rujukan?] Dan masih bisa berkembang lagi, karena saat ini ada banyak sekali software, tool, dan aplikasi Internet lain yang mempermudah para blogger (sebutan pemilik blog) untuk merawat blognya.selain merawat dan terus melakukan pembaharuan di blognya, para blogger yang tergolong baru pun masih sering melakukan blogwalking, yaitu aktivitas dimana para blogger meninggalkan link di blog atau situs orang lain seraya memberikan komentar. Beberapa blogger kini bahkan telah menjadikan blognya sebagai sumber pemasukan utama melalui program periklanan AdSense, posting berbayar, jualan link [1], afiliasi dan lain-lain. Sehingga kemudian muncullah istilah profesional blogger, atau problogger, orang yang menggantungkan hidupnya hanya dari aktivitas ngeblog.[rujukan?] karena memang faktanya banyak chanel-chanel pendapatan dana baik berupa dolar maupun rupiah dari aktivitas ngeblog ini.

Resiko kejahatan

Karena blog sering digunakan untuk menulis aktivitas sehari-hari yang terjadi pada penulisnya, ataupun merefleksikan pandangan-pandangan penulisnya tentang berbagai macam topik yang terjadi dan untuk berbagi informasi - blog menjadi sumber informasi bagi para hacker, pencuri identitas, mata-mata, dan lain sebagainya. Banyak berkas-berkas rahasia dan penulisan isu sensitif ditemukan dalam blog-blog. Hal ini berakibat dipecatnya seseorang dari pekerjaannya, diblokir aksesnya, didenda, dan bahkan ditangkap.

sumber wikipedia

Blog adalah kependekan dari Weblog, istilah yang pertama kali digunakan oleh Jorn Barger pada bulan Desember 1997. Jorn Barger menggunakan istilah Weblog untuk menyebut kelompok website pribadi yang selalu diupdate secara kontinyu dan berisi link-link ke website lain yang mereka anggap menarik disertai dengan komentar-komentar mereka sendiri.

Blog kemudian berkembang mencari bentuk sesuai dengan kemauan para pembuatnya atau para Blogger. Blog yang pada mulanya merupakan “catatan perjalanan” seseorang di Internet, yaitu link ke website yang dikunjungi dan dianggap menarik, kemudian menjadi jauh lebih menarik daripada sebuah daftar link. Hal ini disebabkan karena para Blogger biasanya juga tidak lupa menyematkan komentar-komentar “cerdas” mereka, pendapat-pendapat pribadi dan bahkan mengekspresikan sarkasme mereka pada link yang mereka buat.

Dari komentar-komentar tadi biasanya Blog kemudian menjadi jendela yang memungkinkan kita “mengintip” isi kepala dan kehidupan sehari-hari dari penciptanya. Blog adalah cara mudah untuk mengenal kepribadian seseorang Blogger. Topik-topik apa yang dia sukai dan tidak dia sukai, apa yang dia pikirkan terhadap link-link yang dia pilih, apa tanggapannya pada suatu isu. Seluruhnya biasanya tergambar jelas dari Blog-nya.

Blog pertama dibuat dengan browser mosaic, mosaic sendiri adalah browser pertama sebelum internet exploler dan nescape. Justin hall memulai web pribadinya dengan nama Justin’s Home Page yang kemudian berubah menjadi Links from the Underground yang mungkin dapat disebut sebagai Blog pertama seperti yang kita kenal sekarang.

Blog pertama kali sulit berkembang hal ini dikarenakan saat itu diperlukan keahlian dan pengetahuan khusus untuk membuat website. Untuk membuat website saat itu diperlukan keahlian seperti membuat web diantaranya harus mampu membuat dan mengubah file html, sehingga hanya orang tertentu yang mampu membuat blog pada saat itu seperti administrator sistem dan web disainer.

Blog mulai berkembang pada tahun 1998, pada saat itu web bisa di pasangi iklan oleh pihak ke tiga. Ada banyak penyedia blog gratis yang dapat di buat sendiri seperti Blogger, Movable Type dan WordPress.


Apakah blog bisa di jadikan media belajar ?

Blog dapat dikategorikan sebagai e learning, dalam tulisannya Rosenberg (2001) beliau mengungkapkan bahwa e learning merujuk pada penggunaan teknologi internet untuk mengirimkan serangkaian solusi yang dapat meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan. Sebuah blog dapat dijadikan media belajar interaktif, misalnya sebuah komunitas guru di sebuah sekolahan rame-rame membuat blog yang isi atau konten sebuah blog menyangkut mata pelajaran yang di ampu masing-masing guru. Kemudian ada siswa yang mengakses blog tersebut, Si siswa mengisi comment di blog, sehingga terjadi komunikasi dalam sebuah blog tanpa di batasi sebuah protokoler antara guru dan murid. Dalam hitungan saat ini jumlah mata pelajaran di sekolah tidak lebih dari 20 macam. Jadi jika setiap kabupaten ada guru yang aktif ngeblog untuk 1 fokus pelajaran tertentu maka pendidikan Indonesia dengan cepat majunya. Sebab isi blog bisa apa saja, bahkan akan sangat menggigit. Dan tidak akan keluar jalur, karena pengunjung blog bisa saja memberi kritiknya. Setidaknya Ini demi penghematan biaya yg harus dikeluarkan untuk kegiatan sosialisasi atau penataran2 yg kadang tidak ada ujung-nya.

Blog juga dapat menjadi media untuk mengungkapkan usul, komentar dan uneg-uneg seorang siswa tentang sistem pengajaran yang ada di sekolah, sehingga pihak guru dan sekolah dapat meningkatkan kinerja mereka sesuai yang diharapkan para peserta didik dalam hal ini adalah siswa sekolah.

Kekuatan blog dalam dunia dalam dunia pendidikan

  • Isinya bisa luas menyangkut banyak hal pengajaran
  • Bisa dijadikan ajang belajar menulis untuk menuangkan ide
  • Bukti portofolio seorang guru terkait profesionalitasnya
  • Relatif lebih hemat biaya
  • Menembus ruang
  • Bebas aturan alias suka-suka yg nulis (yg ada hanya etika atau aturan tidak tertulis)
  • Melepaskan kebiasaan formalitas untuk menghambur uang rakyat
  • Pengembangan proses pembelajaran yang bervariatif

Blog sangat mudah pengelolaannya dibandingkan website. Bahkan untuk di wordpress.com jika belum berpengalaman dapat membaca cara nge-blog. Ini mudah untuk diikuti. Dengan adanya software blog editor yang bisa dipakai secara offline maka waktu koneksi bisa dipersempit dan hemat biaya jika harus membayar rekening telepon. Dibutuhkan koneksi internet tidak lebih dari 1 jam jika tulisan sudah dipersiapkan secara offline.

Blog sebagai media informasi dan promosi sebuah institusi

Dengan semakin berkembangnya zaman maka media komunikasi juga semakin berkembang salah satunya yaitu blog. Jika dahulu mengiklankan sebuah produk perusahaan dengan mengguakan media cetak atau pamflet dan poster yang mengelurkan biaya banyak, maka sekarang promosi sebuah produk dapat menggunakan sebuah blog yang murah meriah dan gratis. Blog juga dapat di jadikan sebagai media promosi seorang penulis untuk memasarkan bukunya. Dengan blog seorang penulis buku dapat memberikan tulisan singkat atau resensi buku ang ditulisnya, sehingga para pembaca dapat tertarik untuk membeli buku tersebut J.

Blog dapat disimpulkan sebagai media informasi baik yang bersifat formal

(sebuah institusi) atau informal (ajang tulis menulis kegiatan sehari-hari seorang blogger) yang bersifat murah meriah dan tidak memerlukan keahlian khusus untuk membuatnya misalnya keahlian HTML. Blog sangat mudah dibuat oleh seorang awan dalam dunia website. Blog dapat dihias sesuai dengan keinginan pembuatnya misalnya dipercantik dengan hitcounter, lokasi dan IP address pengakses dan merubah background sesuai keinginan.

Sumber bacaan:

http://www.isnainibiasa.blogspot.com/2006/06/manfaat-blog_11.html

http://www.pembelajar.com/wmview.php?ArtID=1037

http://urip.wordpress.com/2006/12/23/kekuatan-blog-dan-guru/

Asep Herman Suyanto. 2005.http://www.asep-hs.web.ac.id/Artikel/ELEARNING /MENGENAL%20E-LEARNING.pdf Sabtu 14 Juli 2007 pukul 15.48

Dari apa yang saya pelajari, manfaat Blog ternyata begitu banyak sehingga agak susah untuk menyebutkan satu persatu. Di sini saya mencoba untuk menyimpulkannya;
Manfaat Blog secara umum adalah:

Menampung/menuangkan sesuatu, sesuai dengan apa yang kita inginkan, boleh dikata dalam bidang apa saja. Apakah itu berupa tulisan, photo, video dll. Hal ini tentu tidak bisa kita dapatkan di sarana konvensional, seperti buku misalnya. Semakin kita mempelajari Blog, kita akan semakin tahu betapa banyak manfaat Blog ini untuk kita.

*Kalau kita hendaki, bisa langsung dipublikasikan di Internet atau Dunia Maya. Terutama bagi anda yang orientasi-nya untuk usaha, tetapi kalau hanya untuk pribadi pun bisa. Fasilitas untuk "setting" nya sudah disediakan. Contoh : buku harian, koleksi photo pribadi dsb.nya.

*Ada yang memanfaatkan Blog hanya sekedar untuk catatan harian, ada juga untuk hobi, forum dsb.-nya. Bahkan belakangan ini Blog marak digunakan sebagai salah satu sarana untuk usaha. Silahkan lihat contoh-contoh di sub-menu yang tersedia agar lebih jelas lagi mengenai manfaat dari sebuah Blog.

MANFAAT BLOG SEBAGAI MEDIA INFORMASI

Desember 1, 2007

Oleh: Kang Budhi

sumber:
http://kangbudhi. wordpress. com/2007/ 12/01/manfaat- blog-sebagai- media-informasi/

Sejarah Blog

Blog adalah kependekan dari Weblog, istilah yang pertama kali
digunakan oleh Jorn Barger pada bulan Desember 1997. Jorn Barger
menggunakan istilah Weblog untuk menyebut kelompok website pribadi
yang selalu diupdate secara kontinyu dan berisi link-link ke website
lain yang mereka anggap menarik disertai dengan komentar-komentar
mereka sendiri.

Blog kemudian berkembang mencari bentuk sesuai dengan kemauan para
pembuatnya atau para Blogger. Blog yang pada mulanya merupakan
“catatan perjalanan” seseorang di Internet, yaitu link ke website yang
dikunjungi dan dianggap menarik, kemudian menjadi jauh lebih menarik
daripada sebuah daftar link. Hal ini disebabkan karena para Blogger
biasanya juga tidak lupa menyematkan komentar-komentar “cerdas”
mereka, pendapat-pendapat pribadi dan bahkan mengekspresikan sarkasme
mereka pada link yang mereka buat.

Dari komentar-komentar tadi biasanya Blog kemudian menjadi jendela
yang memungkinkan kita “mengintip” isi kepala dan kehidupan
sehari-hari dari penciptanya. Blog adalah cara mudah untuk mengenal
kepribadian seseorang Blogger. Topik-topik apa yang dia sukai dan
tidak dia sukai, apa yang dia pikirkan terhadap link-link yang dia
pilih, apa tanggapannya pada suatu isu. Seluruhnya biasanya tergambar
jelas dari Blog-nya.

Blog pertama dibuat dengan browser mosaic, mosaic sendiri adalah
browser pertama sebelum internet exploler dan nescape. Justin hall
memulai web pribadinya dengan nama Justin’s Home Page yang kemudian
berubah menjadi Links from the Underground yang mungkin dapat disebut
sebagai Blog pertama seperti yang kita kenal sekarang.

Blog pertama kali sulit berkembang hal ini dikarenakan saat itu
diperlukan keahlian dan pengetahuan khusus untuk membuat website.
Untuk membuat website saat itu diperlukan keahlian seperti membuat web
diantaranya harus mampu membuat dan mengubah file html, sehingga hanya
orang tertentu yang mampu membuat blog pada saat itu seperti
administrator sistem dan web disainer.

Blog mulai berkembang pada tahun 1998, pada saat itu web bisa di
pasangi iklan oleh pihak ke tiga. Ada banyak penyedia blog gratis yang
dapat di buat sendiri seperti Blogger, Movable Type dan WordPress.

Apakah blog bisa di jadikan media belajar ?

Blog dapat dikategorikan sebagai e learning, dalam tulisannya
Rosenberg (2001) beliau mengungkapkan bahwa e learning merujuk pada
penggunaan teknologi internet untuk mengirimkan serangkaian solusi
yang dapat meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan. Sebuah blog dapat
dijadikan media belajar interaktif, misalnya sebuah komunitas guru di
sebuah sekolahan rame-rame membuat blog yang isi atau konten sebuah
blog menyangkut mata pelajaran yang di ampu masing-masing guru.
Kemudian ada siswa yang mengakses blog tersebut, Si siswa mengisi
comment di blog, sehingga terjadi komunikasi dalam sebuah blog tanpa
di batasi sebuah protokoler antara guru dan murid. Dalam hitungan saat
ini jumlah mata pelajaran di sekolah tidak lebih dari 20 macam. Jadi
jika setiap kabupaten ada guru yang aktif ngeblog untuk 1 fokus
pelajaran tertentu maka pendidikan Indonesia dengan cepat majunya.
Sebab isi blog bisa apa saja, bahkan akan sangat menggigit. Dan tidak
akan keluar jalur, karena pengunjung blog bisa saja memberi kritiknya.
Setidaknya Ini demi penghematan biaya yg harus dikeluarkan untuk
kegiatan sosialisasi atau penataran2 yg kadang tidak ada ujung-nya.

Blog juga dapat menjadi media untuk mengungkapkan usul, komentar dan
uneg-uneg seorang siswa tentang sistem pengajaran yang ada di sekolah,
sehingga pihak guru dan sekolah dapat meningkatkan kinerja mereka
sesuai yang diharapkan para peserta didik dalam hal ini adalah siswa
sekolah.

Kekuatan blog dalam dunia dalam dunia pendidikan

-Isinya bisa luas menyangkut banyak hal pengajaran
-Bisa dijadikan ajang belajar menulis untuk menuangkan ide
-Bukti portofolio seorang guru terkait profesionalitasnya
-Relatif lebih hemat biaya
-Menembus ruang & waktu
-Bebas aturan alias suka-suka yg nulis (yg ada hanya etika atau aturan
tidak tertulis)
-Melepaskan kebiasaan formalitas untuk menghambur uang rakyat
-Pengembangan proses pembelajaran yang bervariatif

Blog sangat mudah pengelolaannya dibandingkan website.

Bahkan untuk di wordpress.com jika belum berpengalaman dapat membaca
cara nge-blog. Ini mudah untuk diikuti. Dengan adanya software blog
editor yang bisa dipakai secara offline maka waktu koneksi bisa
dipersempit dan hemat biaya jika harus membayar rekening telepon.
Dibutuhkan koneksi internet tidak lebih dari 1 jam jika tulisan sudah
dipersiapkan secara offline.

Blog sebagai media informasi dan promosi sebuah institusi

Dengan semakin berkembangnya zaman maka media komunikasi juga semakin
berkembang salah satunya yaitu blog. Jika dahulu mengiklankan sebuah
produk perusahaan dengan mengguakan media cetak atau pamflet dan
poster yang mengelurkan biaya banyak, maka sekarang promosi sebuah
produk dapat menggunakan sebuah blog yang murah meriah dan gratis.
Blog juga dapat di jadikan sebagai media promosi seorang penulis untuk
memasarkan bukunya. Dengan blog seorang penulis buku dapat memberikan
tulisan singkat atau resensi buku ang ditulisnya, sehingga para
pembaca dapat tertarik untuk membeli buku tersebut J.

Blog dapat disimpulkan sebagai media informasi baik yang bersifat formal

(sebuah institusi) atau informal (ajang tulis menulis kegiatan
sehari-hari seorang blogger) yang bersifat murah meriah dan tidak
memerlukan keahlian khusus untuk membuatnya misalnya keahlian HTML.
Blog sangat mudah dibuat oleh seorang awan dalam dunia website. Blog
dapat dihias sesuai dengan keinginan pembuatnya misalnya dipercantik
dengan hitcounter, lokasi dan IP address pengakses dan merubah
background sesuai keinginan.

Sumber bacaan:
———— –
http://www.isnainib iasa.blogspot. com/2006/ 06/manfaat- blog_11.html

http://www.pembelaj ar.com/wmview. php?ArtID= 1037

http://urip. wordpress. com/2006/ 12/23/kekuatan- blog-dan- guru/

Asep Herman Suyanto. 2005.
http://www.asep- hs.web.ac. id/Artikel/ ELEARNING

Jenis-jenis Blog

Blog dapat dikategorikan menjadi beberapa jenis berdasarkan konten yang dibahas dalam blog tersebut. Berikut saya tuliskan beberapa kategori blog menurut wikipedia, sekaligus saya beri contoh-contohnya.

Blog politik: Tentang berita, politik, aktivis, dan semua persoalan berbasis blog (Seperti kampanye). Contohnya blog Yusil Ihza Mahendra ini.

Blog pribadi: Disebut juga buku harian online yang berisikan tentang pengalaman keseharian seseorang, keluhan, puisi atau syair, gagasan jahat, dan perbincangan teman. COntohnya blog-pertama-saya ini :)

Blog bertopik: Blog yang membahas tentang sesuatu, dan fokus pada bahasan tertentu. Contohnya blog yang sedang anda baca ini.

Blog kesehatan: Lebih spesifik tentang kesehatan. Blog kesehatan kebanyakan berisi tentang keluhan pasien, berita kesehatan terbaru, keterangan-ketarangan tentang kesehatan, dll. Contohnya blog ini.

Blog sastra: Lebih dikenal sebagai litblog (Literary blog). Contohnya blog ini.

Blog perjalanan: Fokus pada bahasan cerita perjalanan yang menceritakan keterangan-keterangan tentang perjalanan/traveling.

Blog riset: Persoalan tentang akademis seperti berita riset terbaru.

Blog hukum: Persoalan tentang hukum atau urusan hukum; disebut juga dengan blawgs (Blog Laws).

Blog media: Berfokus pada bahasan kebohongan atau ketidakkonsistensi media massa; biasanya hanya untuk koran atau jaringan televisi.

Blog agama: Membahas tentang agama.

Blog pendidikan: Biasanya ditulis oleh pelajar atau guru.

Blog kebersamaan: Topik lebih spesifik ditulis oleh kelompok tertentu.

Blog petunjuk (directory): Berisi ratusan link halaman website.

Blog bisnis: Digunakan oleh pegawai atau wirausahawan untuk kegiatan promosi bisnis mereka.

Blog pengejawantahan: Fokus tentang objek diluar manusia; seperti anjing.

Blog pengganggu (spam): Digunakan untuk promosi bisnis affiliate; juga dikenal sebagai splogs (Spam Blog).

  • Blog politik: Tentang berita, politik, aktivis, dan semua persoalan berbasis blog (Seperti kampanye).
  • Blog pribadi: Disebut juga buku harian online yang berisikan tentang pengalaman keseharian seseorang, keluhan, puisi atau syair, gagasan jahat, dan perbincangan teman, dan banyak lagi.
  • Blog bertopik: Blog yang membahas tentang sesuatu, dan fokus pada bahasan tertentu.
  • Blog kesehatan: Lebih spesifik tentang kesehatan. Blog kesehatan kebanyakan berisi tentang keluhan pasien, berita kesehatan terbaru, keterangan-ketarangan tentang kesehatan, dll.
  • Blog sastra: Lebih dikenal sebagai litblog (Literary blog).
  • Blog perjalanan: Fokus pada bahasan cerita perjalanan yang menceritakan keterangan-keterangan tentang perjalanan/traveling.
  • Blog riset: Persoalan tentang akademis seperti berita riset terbaru.
  • Blog hukum: Persoalan tentang hukum atau urusan hukum; disebut juga dengan blawgs (Blog Laws).
  • Blog media: Berfokus pada bahasan kebohongan atau ketidakkonsistensi media massa; biasanya hanya untuk koran atau jaringan televisi
  • Blog agama: Membahas tentang agama
  • Blog pendidikan: Biasanya ditulis oleh pelajar atau guru.
  • Blog kebersamaan: Topik lebih spesifik ditulis oleh kelompok tertentu.
  • Blog petunjuk (directory): Berisi ratusan link halaman website.
  • Blog bisnis: Digunakan oleh pegawai atau wirausahawan untuk kegiatan promosi bisnis mereka
  • Blog pengejawantahan: Fokus tentang objek diluar manusia; seperti anjing
  • Blog pengganggu (spam): Digunakan untuk promosi bisnis affiliate; juga dikenal sebagai splogs (Spam Blog)
Membuat blog memang gampang. Tapi membuatnya laris dikunjungi oleh ribuan orang, dibaca, dikomentari adalah pekerjaan yang tidak gampang.

Narablog harus pandai membuat judul yang menarik perhatian, membuat blognya muncul di halaman pertama pencarian, memilih topik yang tepat dan tentu saja berinteraksi dengan narablog lain. Ngeblog itu menyenangkan kalau sudah ketemu caranya.

Nah, di bawah ini adalah beberapa jenis blog yang bermesin-wordpress, selalu nampang di daftar blog paling ramai beberapa waktu terakhir:

Blog depnaker

Posting paling laris biasanya menyangkut lowongan cpns, BUMN dan pengumuman hasil seleksinya. Puluhan kali posting tersebut menjadi posting nomor wahid di WP. Blog ini benar-benar membantu pemerintah cq dinas tenaga kerja. Moga amal mereka dalam mengurangai pengangguran menjadi keberkahan tersendiri deh:)

Blog analisis politik

Jenis blog ini memberikan nilai tambah dari produk media online, cetak dan bahkan literatur ilmiah. Narablog ini paling sering dimiliki oleh jurnalis dan analis yang punya skill menulis sekaligus investigatif. Makanya, jangan heran kalo blog ini ramai seiring dengan ramainya dunia politik jagat nusantara.

Blog agama

Produk intelektual seperti buku yang laku sepanjang masa adalah buku agama. Begitupula dengan blog bertema agama, mulai dari masalah konsultasi sampai debat. Lebih ramai kalau ada blog yang suka memuat konten penghinaan atas nama kemerdekaan ekspresi. Wuiih pasti narablog-nya akan dikritik habis-habisan.

Blog “ada-ada saja”

Dunia WP punya beberapa blog yang konsisten menghibur pengunjungnya dengan posting yang lucu, ringan atau dramatis dan sering membuat senyum kita. Paling sering mereka berkomentar,”ada-ada saja”. Blog ini kadang memperkenalkan teknik pluralisme yang multitafsir—maksudnya antara judul dan isi tidak sesuai dengan persepsi umum kebanyakan orang. Di sinilah serunya!

Blog bikermania

Sulit mengendara motor sambil ngeblog. Tapi pengendara motor yang hobi ngeblog ternyata buanyak dan siapa sangka narablog yang satu ini cukup konsisten dengan niche-nya.

Blog gratisan internet

Barang murah dimana-mana selalu diburu, termasuk antivirus gratis besutan dalam negeri. Makasih buat perusahaan tersebut dan narablog yang dengan cuma-cuma ikut menyebarkan informasi dan link-nya.

Permainan angka

Saya tidak tahu, blog semacam ini ternyata masuk ke list yang dibuat oleh WP. Listnya dibuat atas input jumlah pengunjung-nya. Jadi blog ini memang laris dan bagi yang tidak biasa dan tak pernah berkunjung akan kaget dengan posting-posting dan komentar yang nampang di situ. Apa mereka ngeblog sambil nyepi di bawah pohon beringin atau berendam di air tujuh kembang ya?

Blog korea

Penggemar film seri korea dan selebritisnya. Cukup loyal juga loh!

Blog selebritis

Gosip selebritis dan sejenisnya tidak hanya ramai di Indonesia. Di luar negeri juga ramai.

Hmm..bisa kita amati, kalau media massa itu cermin masyarakat mutakhir, maka kita bisa melihat ternyata masyarakat kita khususnya pemakai internet memburu informasi pekerjaan, informasi hiburan, judul yang agak dramatis (bahkan nyrempet saru) dan yang jelas yang gratis-gratis.

Blog dengan banyak topik akan sering membingungkan pengunjungnya. Sehingga kadang hanya membaca topik pilihannya, setelah itu pergi begitu saja. Walaupun dengan banyak topik sering dapat menarik pengunjung yang lebih banyak, tetapi bukan pengunjung yang loyal. Jadi tujuan awal membuat blog tersebut apa? apakah hanya untuk menarik pengunjung tetapi kemungkinan kembali lagi ke blog tersebut jarang, atau menginginkan pengunjung kembali lagi ke blog tersebut?

Memang blog menjadi lebih mudah di update, karena kita bisa membuat topik apa saja, asalkan kita mau menulis, setiap hari mau posting berapa kali pun bisa. Tetapi berhubung topiknya tidak fokus, biasanya postingannya pun sering seperti basi, artinya tidak ada yang unik atau baru. Maklum jenis blog seperti ini banyak sekali bertebaran. Tentu orang akan lebih senang/percaya pendapat orang yang memang fokus menuliskan satu atau dua topik daripada yang gado-gado.

Nah untuk mendapatkan blog yang sedikit berkualitas, kita bisa memilih beberapa topik yang kita senangi. Manfaat dari memilih topik yang lebih fokus adalah lebih mudah dalam men-SEO-kan. Sehingga tidak jarang blog-blog yang mempunyai topik yang jelas akan sering berada di halaman pertama mesin pencari google jika teknik SEOnya benar. Memang untuk pertama kali kita sering kebingungan dalam memilih topik, tetapi setelah berjalan beberapa waktu, dengan sendirinya akan muncul ide-ide tersebut.

Sebagai contoh adalah blog saya yang satu ini, dulu saya memilih topik tentang online business, lalu berubah lagi, dan terus berubah, yang pada akhirnya saya memutuskan untuk memilih topik tentang Health - Business - Entertainment. Dengan adanya topik yang jelas tersebut, memudahkan saya dalam menentukan tulisan yang ingin saya posting. Jadi intinya, kalau tidak bisa memilih satu topik khusus, misalnya tentang technology, atau tentang blogspot templates, atau yang lain, kita bisa menggabungkan beberapa topik, tetapi sebisa mungkin untuk meminimalisir, kurang dari 5 topik bahasan akan lebih bagus. Semoga Bermanfaat!

Fitur-Fitur Blogger Semakin Lengkap

Informasi ini mungkin tidak terlalu up to date, namun tidak ada salahnya jika kang rohman tulis. Infonya yaitu tentang fitur-fitur blogger yang semakin lengkap. Setelah sekian lama bertengger di dalam draftblogger, kini kontrol panel blogger sudah berganti dengan kontrol panel yang baru (yang belum melihat sok login ke blogger!). Yang paling mencolok dan menjadi perhatian kang rohman tertuju kepada elemen halaman, dulu…. jika ingin menambahkan halaman maka kita klik tulisan Tambahkan sebuah Elemen halaman, sekarang sudah di ganti dengan Tambah Gadget. Ini dia yang utama, melalui tambah gadget ini anda bisa mendapatkan berbagai fitur baru dari blogger, diantaranya adalah :

Cara Membuat Template Blogger Online - Fitur Blogger Terbaru

12 Komentar

Bagi yang belum tahu, saat ini Blogger sedang mengembangkan sebuah fitur baru dalam Blogger in draft yang bernama "Blogger Template Designer". Dari namanya saja sudah diketahui kalau fitur ini berhubungan dengan membuat desain template blogger.

Fitur ini membuat kita semakin mudah mendesain template blog di blogger. Tidak perlu lagi CSS yang ribet atau HTML yang rumit, kita hanya klik, klik, klik, dan klik saja. Tidak serumit Dreamweaver, juga tidak perlu diinstal seperti Artisteer. Dan yang pasti, fitur ini lebih mudah daripada mengedit CSS dan HTML secara manual di fitur Edit HTML.

Tampilan Blogger Template Designer berwarna gelap, yang menurutku memang cukup bagus untuk membuat desain. Dengan sebagian halaman untuk mengatur template dan sebagian halaman lainnya untuk preview template sebelum disimpan, yang pastinya akan menghemat waktu kita dalam membuat desain template.

Cara menggunakan fitur Blogger Template Designer:
  1. Masuk ke Blogger in draft
  2. Masuk ke Tata Letak
  3. Masuk ke Perancang Template (Bahasa Inggrisnya: Template Designer)
  4. Sekarang kamu akan masuk ke halaman template editor, tunggu beberapa saat ya...

Ini penjelasan menunya.



  • Templates
    Ini adalah menu untuk pengaturan dari desain templatenya secara keseluruhan. Secara default, Blogger menyediakan 4 pilihan gaya template dengan jumlah template default itu sendiri adalah 15 buah. Kita bisa memilih gaya template dengan warna yang diinginkan. Sementara ada juga live preview untuk melihat template seperti apa yang saat ini kita gunakan.

  • Background
    Ini adalah menu untuk pengaturan background dan warna. Ada kesatuan warna default yang bisa dipilih atau kita bisa mengkustomisasinya sendiri. Bisa dengan memilih satu-persatu atau memilih warna utama yang diinginkan dan biarkan Blogger memilih yang lainnya.

    Sementara untuk mengganti gambar background, kita bisa klik pilihan "Background Image", nantinya akan muncul jendela yang berisi ratusan gambar yang disediakan oleh Blogger, ada yang transparan dan ada yang biasa. Untuk mengetahui apakah gambar yang transparan bisa dilihat dari adanya kotak-kotak di balik gambar yang seperti tergulung di ujung atas kanan dari thumbnail gambar. Kalau sudah selesai memilih bisa klik DONE atau kalau tidak jadi bisa klik CANCEL .

    Kalau ingin background defaultnya bisa klik "Use default background".

  • Layout
    Ini adalah menu untuk mengatur susunan maupun posisi dari posting, sidebar, dan footer. Menu ini adalah perpaduan dari fitur Elemen Halaman minus edit isi widget plus pengaturan tata letak widget yang lebih mumpuni. Menu ini memiliki sub-menu yaitu,

    • Body layout

      Mengatur posisi widget yang ada di badan halaman. Untuk pilihan yang disediakan bisa lihat di gambar ini.

    • Footer layout

      Mengatur footer. Tersedia mulai dari 1 kolom hingga 3 kolom. Jadi tidak perlu lagi trik manual untuk membuat footer menjadi 3 kolom.

    • Adjust width

      Mengatur lebar konten dan sidebar bisa semudah menggeser tombol scroll. Hanya perlu geser-geser sedikit untuk mendapatkan lebar yang diinginkan. Tapi jika ingin lebih terukur, bisa menggunakan kotak isian di samping tempat geser-geser, tinggal ditulis berapa piksel yang diinginkan dan trala... semuanya akan sesuai.

  • Advances

    Merupakan tempat untuk mengatur font dan warna dengan lebih spesifik lagi. Jadi pastinya akan lebih advance (sesuai judul menunya kan? :D). Mirip dengan fitur "Font dan Warna" tapi plus pengaturan CSS tambahan. Ya seperti yang terlihat di gambar ini.

Kalau sudah selesai, jangan lupa klik APPLY TO BLOG .

Salah satu hasil edit sederhana punya Anni3:


*Susunan menu maupun cara penggunaan fitur ini bisa berubah sewaktu-waktu sesuai dengan kebijakan Blogger itu sendiri.

Pendapat Anni3:
Sebuah fitur baru yang unik dan nyentrik dari Blogger. Menggabungkan beberapa fitur desain lama dengan tambahan yang akan membuat pengguna Blogger semakin termanjakan. Dan pastinya akan membuat para blogger bisa mengekspresikan dirinya melalui template blognya dengan lebih mudah.

Sebenarnya saya agak takut fitur ini akan mengancam para pembuat template Blogger seperti saya. Tapi saya yakin bahwa rezeki itu tidak kemana, dan pastinya saya akan selalu mengikuti perkembangan zaman.



0 Response to "Pengembangan Teknologi 9"

Poskan Komentar