Pengembangan Teknologi 10

Senin, 14 Juni 2010 05.40 Diposkan oleh FERRY BLOG

Sistem manajemen konten (Inggris: content management System, disingkat CMS), adalah perangkat lunak yang memungkinkan seseorang untuk menambahkan dan/atau memanipulasi (mengubah) isi dari suatu situs Web. Umumnya, sebuah CMS (Content Management System) terdiri dari dua elemen:

  • aplikasi manajemen isi (Content Management Application, [CMA])
  • aplikasi pengiriman isi (content delivery application [CDA]).

Elemen CMA memperbolehkan si manajer isi -yang mungkin tidak memiliki pengetahuan mengenai HTML (HyperText Markup Language)-, untuk memenej pembuatan, modifikasi, dan penghapusan isi dari suatu situs Web tanpa perlu memiliki keahlian sebagai seorang Webmaster. Elemen CDA menggunakan dan menghimpun informasi-informasi yang sebelumnya telah ditambah, dikurangi atau diubah oleh si empunya situs web untuk meng-update atau memperbaharui situs Web tersebut. Kemampuan atau fitur dari sebuah sistem CMS berbeda-beda, walaupun begitu, kebanyakan dari software ini memiliki fitur publikasi berbasis Web, manajemen format, kontrol revisi, pembuatan index, pencarian, dan pengarsipan.

Tutorial CMS

Percantik Website Joomla dengan Web Intro

Tuesday, March 16th, 2010
VN:F [1.9.1_1087]
Tambahkan Rating pada Postingan ini:
Rating: 1.0/10 (1 vote cast)

Percantik Website Joomla dengan Web Intro tutorial cmsSiapa bilang memasang web intro pada joomla itu susah?? Tapi sebelum kita membicarakan cara memasang web intro di joomla, apakah kalian semua sudah tahu apa yang dimaksud dengan web intro? Untuk yang belum tahu saya beri tahu sekilas, Web Intro merupakan animasi pembuka bisa berbentuk flash animation ataupun DHTML menggunakan JavaScript ketika kita membuka suatu halaman. Tujuannya dibuat web intro sendiri digunakan untuk mempercantik sebuah web sehingga user tertarik untuk selalu mengunjungi website yang kita miliki. (more...)

Mengamankan Halaman Login Administrator Joomla 1.5

Saturday, March 13th, 2010
VN:F [1.9.1_1087]
Tambahkan Rating pada Postingan ini:
Rating: 0.0/10 (0 votes cast)

Mengamankan Halaman Login Administrator Joomla 1.5 cmsIni adalah tulisan pertama saya di ilmuwebsite.com. Jadi deg deg an.... kebetulan saya baru belajar membuat website menggunakan joomla, jadi nggak ada salahnya kalau kita saling berbagi ilmu, betul nggak?

Ok iseng punya iseng dari pengalaman yang lalu dalam membuat website banyak orang yang mencoba masuk ke halaman back end joomla kita melalui halaman administrator yang secara default berada di url http://www.situsmu.com/administrator/ karena secara default halaman yang digunakan untuk login ke administrator berada didalam folder yang bernama administrator. (more...)

Amankan Wordpress Anda dari Serangan via Url

Saturday, March 6th, 2010
VN:F [1.9.1_1087]
Tambahkan Rating pada Postingan ini:
Rating: 10.0/10 (2 votes cast)

Amankan Wordpress Anda dari Serangan via Url tutorial cmsSQL Injection, Remote File Inclusion, XSS, dan segudang serangan hacking lainnya yang memanfaatkan kesalahan pemrogaman cukup ampuh dalam melumpuhkan banyak website, khususnya website dinamis, bahkan persepsi free cms yang menggunakan bahasa pemrogaman website, seperti php, atau asp adalah sangat tidak aman dan sangat rentan terkena serangan seperti ini, sebut saja joomla, yang telah lama menjadi langganan cms yang paling favorit untuk di serang, begitu juga dengan wordpress, hampir sama dengan cms tetangganya. Apa sebabnya?? Kebanyakan seperti yang saya sebutkan tadi, kesalahan pemrogaman entah itu tidak di sengaja, atau mungkin disengaja oleh developernya? ya mungkin saja disengaja :) . (more...)

Menggunakan Gmail Sebagai Pengirim Email Pada Joomla

Thursday, January 7th, 2010
VN:F [1.9.1_1087]
Tambahkan Rating pada Postingan ini:
Rating: 0.0/10 (0 votes cast)

Menggunakan Gmail Sebagai Pengirim Email Pada Joomla tutorial cmsHalo, tahun baru telah terlewat beberapa hari ya? jangan sampai kejadian buruk di tahun kemarin terulang kembali di tahun ini, usahakan tahun ini lebih baik dari tahun sebelumnya. Amin. saya akan coba membawa tutorial CMS kali ini Oke, kehebatan dari manusia adalah kemauannya untuk melakukan try and error pada bidang apapun, hingga try and error ini juga berlaku di dunia nyata, tapi jangan sampai try and error ini melebihi kapasitas kita sebagai seorang manusia biasa.

Masih berhubungan dengan try and error, beberapa periode yang lalu, penulis mencicipi salah satu shared hosting yang terkenal di Indonesia,
(more...)

Tutorial Joomla Jalankan HTML, Javascript dan PHP Di Mana Saja dengan Sourcerer

Thursday, October 8th, 2009
VN:F [1.9.1_1087]
Tambahkan Rating pada Postingan ini:
Rating: 0.0/10 (0 votes cast)

Tutorial Joomla Jalankan HTML,  Javascript dan PHP Di Mana Saja dengan Sourcerer tutorial cmsPara joomla mania pernah dengar sourcerer joomla extension? Ada 2 jawaban kemungkinan, pertama pernah, kedua belum pernah, ketiga sering, oh ternyata ada 3 jawaban. Bagi anda yang belum tahu sourcerer, mungkin istilah ini terdengar asing, sourcerer (pesumber), bagi anda yang pernah mendengar atau sering mendengar biasanya selalu menggunakan plugin ini dalam melakukan aksi-aksi fantastis.

Sourcerer merupakan sebuah extension dari joomla yang saat ini benar-benar amat digemari karena fungsinya yang mantap. Sourcerer memungkinkan script HTML, javascript, dan PHP dapat dijalankan di mana saja, baik di dalam article content, component, maupun dalam module-module joomla, benar-benar powerfull.

Menggunakan CMS yang tepat untuk website anda

CMS atau yang sering di sebut Content Management System, adalah bagian dari Backend sebuah website yang memungkinkan anda secara mandiri dapat mengelola semua informasi yang terdapat pada website anda.

Ibarat Restaurant maka CMS adalah dapur yang digunakan untuk mengolah dan menciptakan menu yang disajikan pada restaurant anda dan dihidangkan pada pelanggan restaurant anda.

Perkembangan teknologi pemrograman web telah melahirkan banyak aplikasi web cms yang tersedia banyak di internet dan bebas didownload. Ini tentu mendorong peningkatan jumlah user yang menggunakan cms tersebut untuk keperluan membuat website pribadi dan untuk komunitas. Saya kira itu adalah hal yang sangat menggembirakan karena dengan Free CMS setiap orang dapat menggunakannya secara bebas dan setiap orang dengan menggunakan Free CMS tersebut dapat memulai belajar bagaimana memiliki website.

Selama penggunaan Free CMS masih dapat mengakomodir data maupun informasi website anda tentu ini akan tetap membuat anda merasakan enjoy dan santai saja:) tapi jika anda sudah mulai menginginkan website anda bisa memiliki ini dan itu misal ada fitur testimonial, ada fitur video, ada fitur keranjang belanja, ada fitur album foto, ada fitur support form atau anda menginginkan semua fitur di web anda adalah sesuai selera anda:) Hemmm Nah lho...

Tentu saja harapan yang anda inginkan untuk memiliki website dengan fitur selera anda dari Free CMS akan sangat sulit. Kenapa demikian? karena Free CMS menggunakan modul-modul yang standar dan kalaupun ada modul yang anda harapkan anda harus bekerja keras googling diinternet dan jika anda mendapatkan modul tersebut pun belum tentu anda bisa menginstalnya.

Kesulitan serupa juga terjadi jika anda memiliki bisnis ataupun perusahaan dan kebetulan anda ingin membuat website pada web konsultan namun web yang anda telah dapatkan dibangun oleh konsultan menggunakan Free CMS, pada awalnya mungkin sebagai pemilik tentap enjoy karena kebutuhan akan sebuah website perusahaan sudah dimiliki dan sudah online. Namun suatu saat waktu berjalan anda ingin menampilkan data dan informasi perusahaan pada website dan CMS website anda tidak bisa melakukannya apa yang anda pikirkan?

Anda tentu akan menghubungi pembuat website yang anda gunakan jasanya dan anda akan meceritakan kebutuhan fitur website yang anda butuhkan saat ini misal: ingin ada database customer, ingin supaya customer dapat interaktif dengan anda melalui form khusus dengan format yg anda tentukan, ingin customer bisa mereview produk perusahaan dengan format yang anda tentukan, ingin ada video testimonial dsb..dsb..

Web Developer yang anda gunakan jasanya tentu akan sedikit gugup jika kemampuan programming minim dan hanya menggunakan Free CMS sebagai layanan jasa websitenya. Karena apa?.. mereka pasti akan memiliki ketergantungan modul yang bisa di intergrasikan pada website anda. Bagaimana jika modul yang anda harapkan tidak tersedia? atau modul tersedia namun anda mengharapkan customisasi sesuai format perusahaan. Tentu ini akan sangat menjadi tantangan buat web konsultan yang andai pakai apakah bisa membuat dan mengintegrasikan modul tersebut. Jika web konsultan tidak bisa melakukannya tentu web yang anda miliki tidak akan maksimal oleh karena itu anda pasti butuh dana lagi untuk membuat website baru yang mudah di customisasi dan tidak memiliki ketergantungan modul dari vendor luar negeri.

Alasan-alasan tersebut yang membuat saya merekomendasikan untuk website perusahaan anda hendaknya tidak memakai Free CMS. Salah satu customer dari kami sebelumnya juga mengeluh karena website yang di miliki tidak berjalan maksimal karena terlalu komplek dan banyaknya menu yg terdapat dalam Free CMS tersebut dan akhirnya membingungkan pada sisi updating tentu ini tidak diharapkan bukan? Dan akhirnya mereka mengganti website dengan Custom Cms (Hand Coding Cms).

Tips dari saya jika ingin membangun website perusahaan

  1. Rencanakan semua fitur dan informasi yang akan dipublish pada website anda
  2. Lakukan konsultasi dahulu dengan web konsultan yang kompeten dibidangnya
  3. Tanyakan contoh-contoh website yang dibuat
  4. Aplikasi website seperti apa saja yang pernah dibuat
  5. Tanyakan apakah website yang dibuat menggunakan Custom CMS (Hand Coding) atau Free CMS
  6. Apakah memiliki tim dan spesialisasi

0 Response to "Pengembangan Teknologi 10"

Poskan Komentar