Pengembangan Teknologi 5

Jumat, 09 April 2010 22.47 Diposkan oleh FERRY BLOG
Server side technologies

Hardware:
Server
Software:
1.Web server
2.Server side Programming Tools
3.Utility Programming Tools
4.Database Server

BuiltWith.com - Mengetahui Komponen Sebuah Web/Blog

Bila kita mengunjungi sebuah website atau blog, dalam benak kita kadang-kadang kita ingin mengetahui komponen atau widget apa saja yang digunakan dalam website/blog tersebut. Atau bahasa 'gampang'nya adalah seperti bila kita akan membuat kue, nah bahan-bahan apa saja yang ada dalam kue tersebut sehingga bisa menjadi makanan siap saji :-)


BuiltWith.com adalah sebuah website yang memungkinkan bagi kita untuk mengetahui komponen apa saja yang ada dalam sebuah website atau blog. Untuk mengetahuinya, cukup ketikkan saja alamat web/blog, maka BuiltWith akan menampilkan komponen-komponen dari sebuah web/blog dengan cukup detail. Hasil yang ditampilkan oleh BuiltWith ketika mencoba komponen dari blog ini sangat baik, informasi yang dihasilkan cukup detail seperti informasi bl0g, informasi dokumen, widget (blog ini menggunakan SNAP dan MadKas), ranking dan info lainnya. Juga terdapat informasi yang menyatakan bahwa sebuah komponen yang kita gunakan juga digunakan oleh website yang lain serta presentase penggunaan dari kompoen tersebut.

Screenshoot

BuiltWith memungkinkan bagi kita untuk mengetahui teknologi apa yang digunakan oleh sebuah website yang disajikan secara detail.

Azwar weBlog

Alamat dalam WEB – URL
􀂄 Dlm jaringan Internet pengalamatan computer
dilakukan dengan protocol TCP/IP
􀂄 Dalam aplikasi web tidak hanya computer yang
dialamatkan tetapi file2 dalam computer juga
perlu dialamatkan
􀂄 Sistemnya disebut Uniform Resource Locator
(URL)
􀂄 Dikembangkan lebih lanjut menjadi URI
(Uniform Resource Identifier)
􀂄 Definisi : cara formal untuk mendefinisikan
dalam sebuah string lokasi dan akses sumber
daya yang berada dalam Internet.


Bagian dari URL yang Lengkap
􀂄 http://www.ukdw.ac.id/info/IM2043/index.html
􀂄 Bagian pertama adalah nama protocol yang
digunakan untuk mengakses informasi
􀂄 Bagian kedua menyimpan nama computer yang
menyediakan informasi, hrs dipilih berdasar
pengalamatan dng protocol IP dan sistem DNS
(Domain Name Services)
􀂄 Bagian ketiga adalah nama file yang akan
diakses, dilengkapi dengan nama direktori yang
menyimpannya


Erick Kurniawan, S.Kom, M.Kom

Server web adalah sebuah perangkat lunak server yang berfungsi menerima permintaan HTTP atau HTTPS dari klien yang dikenal dengan browser web dan mengirimkan kembali hasilnya dalam bentuk halaman-halaman web yang umumnya berbentuk dokumen HTML. Server web yang terkenal diantaranya adalah Apache dan Microsoft Internet Information Service (IIS). Apache merupakan server web antar-platform, sedangkan IIS hanya dapat beroperasi di sistem operasi Windows.

Server web juga dapat berarti komputer yang berfungsi seperti definisi di atas.



Aplikasi web

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

(Dialihkan dari Web application)
Langsung ke: navigasi, cari
Tampilan salah satu aplikasi web.

Dalam rekayasa perangkat lunak, suatu aplikasi web (bahasa Inggris: web application atau sering disingkat webapp) adalah suatu aplikasi yang diakses menggunakan penjelajah web melalui suatu jaringan seperti Internet atau intranet. Ia juga merupakan suatu aplikasi perangkat lunak komputer yang dikodekan dalam bahasa yang didukung penjelajah web (seperti HTML, JavaScript, AJAX, Java, dll) dan bergantung pada penjelajah tersebut untuk menampilkan aplikasi.

Aplikasi web menjadi populer karena kemudahan tersedianya aplikasi klien untuk mengaksesnya, penjelajah web, yang kadang disebut sebagai suatu thin client (klien tipis). Kemampuan untuk memperbarui dan memelihara aplikasi web tanpa harus mendistribusikan dan menginstalasi perangkat lunak pada kemungkinan ribuan komputer klien merupakan alasan kunci popularitasnya. Aplikasi web yang umum misalnya webmail, toko ritel daring, lelang daring, wiki, papan diskusi, weblog, serta MMORPG.

wikippedia.com

0 Response to "Pengembangan Teknologi 5"

Poskan Komentar